Tips Menulis Artikel Saat Terkena Writer’s Block

Tips Menulis Artikel Saat Terkena Writer's Block

Sebagai penulis tidak heran jika Anda sedang mencari tips menulis artikel saat terkena writer’s block di mana kondisi tersebut memang sangat mengganggu. Di era yang modern saat ini banyak pekerjaan di bidang tulis-menulis yang sangat menjanjikan.

Beberapa pemilik website atau blog menggunakan jasa penulis lepas untuk mengisi halaman website atau blognya. Namun sebagai penulis terkadang ada kondisi di mana tiba-tiba Anda kehilangan ide bahkan bingung mengenai topik yang akan ditulis.

Tidak hanya Anda, bahkan para penulis yang sudah profesional juga masih sering kesulitan mencari ide menulis hanya karena terkena writer’s block. Lalu bagaimana mengatasi kondisi seperti ini jika Anda memang bergelut di bidang tulis-menulis?

Seputar Writer’s yang Perlu Diketahui

Writer’s block sendiri sebenarnya adalah keadaan di mana seorang penulis atau orang-orang yang menyediakan jasa penulis artikel, mengalami kebuntuan saat sedang menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan.

Seperti yang diketahui bahwa kegiatan tulis-menulis benar-benar membutuhkan kreativitas, di mana tulisan yang menarik akan digemari oleh para pembaca. Apalagi jika Anda dituntut menghasilkan tulisan sesuai dengan jadwal atau memiliki deadline.

Sebenarnya penyebab umum seorang penulis mengalami kondisi ini adalah ketika kesulitan mengumpulkan ide karena rasa takut akan kritik sehingga penulis menjadi ragu-ragu menuangkan idenya dalam bentuk karya tulis.

Tips Menulis Artikel Saat Mengalami Writer’s Block

Writer’s block tidak hanya dialami oleh para penulis karena ragu-ragu atau takut dikritik. Namun terkadang, ada topik atau tema tertentu yang membuatnya jenuh atau lelah sehingga tidak ada ide yang bisa dituangkan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kegiatan tulis-menulis tetap berjalan. Karena kemampuan menulis harus terus diasah agar banyak ide dan gagasan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah :

  1. Cobalah menulis dengan bebas tanpa topik atau tema yang menyebabkan Anda jenuh

  2. Pilih jenis tulisan favorit atau hal-hal yang sedang ada di benak Anda

  3. Cobalah membaca buku favorit entah itu cerpen atau buku-buku yang memberikan Anda ide serta inspirasi

  4. Cobalah browsing di berbagai media sosial untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi

  5. Cobalah berdiskusi atau mengobrol dengan orang-orang sekitar untuk menghilangkan rasa jenuh sekaligus menambah referensi

  6. Cobalah untuk menyingkirkan distraksi karena saat menulis Anda butuh fokus sehingga jauhi kegiatan-kegiatan lain yang mengganggu konsentrasi

  7. Lakukan hal-hal menyenangkan untuk beberapa saat sebelum Anda kembali pada kegiatan tulis-menulis

  8. Setelah itu baca kembali kerangka tulisan yang sudah Anda buat sebagai panduan untuk membuat artikel atau tulisan

Cara paling efektif, sebenarnya dengan meningkatkan mood bahkan Anda juga perlu mengingat kembali motivasi Anda sebagai penulis artikel murah. Tips menulis artikel di atas perlu dilakukan ketika Anda mengalami kebuntuan dan ambil waktu istirahat terlebih dahulu.

By shinta