Tips Membuat Logo Agar Terlihat Menarik dan Profesional

Logo termasuk dalam salah satu bagian dari identitas suatu perusahaan atau kelompok. Peran logo yang sangat vital, khususnya dalam memperkuat berbagai bentuk company profile, membuat banyak orang mencari tips membuat logo layaknya desainer profesional. Hal ini sangat wajar karena membuat logo juga memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri.

Logo harus memenuhi unsur-unsur spesifik agar mudah dikenali, diingat, dan dipahami maknanya oleh masyarakat. Setiap elemen yang ada di dalam logo merupakan representasi dari profil perusahaan. Sehingga tidak boleh ada satu bagian pun yang diabaikan. Kami sajikan beberapa rahasia agar Anda bisa membuat logo yang berkualitas dan mampu menunjang kinerja bisnis Anda.

 

Tips Membuat Logo untuk Memperkuat Branding dan Publikasi

  • Utamakan Kesederhanaan

Logo yang ideal adalah logo yang sederhana. Logo seharusnya dibuat sesimple mungkin agar mudah dikenal dan diingat. Walaupun sederhana, logo tetap harus mampu menyampaikan makna dan menjadi representasi bisnis Anda. Logo yang terlalu rumit dan ramai justru tidak efektif dan terkesan kurang menarik.

Selain itu, tips membuat logo juga selalu menekankan kesederhanaan agar lebih mudah untuk digunakan dan diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Segala aktivitas bisnis seperti surat-menyurat, promosi, company profile, dan publikasi, pasti mencantumkan logo sebagai identitas utama. Karena itulah logo harus dibuat sederhana agar mudah digunakan dan digabungkan dengan konten lain di berbagai media.

  • Tanamkan Makna dan Kesan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, setiap elemen dalam logo pasi mencerminkan makna tertentu. Jadi Anda harus benar-benar teliti dalam membuat desain logo agar bisa menyampaikan makna dan mencerminkan perusahaan Anda dengan maksimal. Ingat, logo adalah representasi atau wajah utama dari bisnis Anda.

Setiap elemen harus direncanakan dengan matang. Lihat saja Pancasila. Sebagai lambang negara, setiap elemen dalam desain Pancasila menyiratkan makna tertentu yang mencerminkan kepribadian Indonesia. Apakah anda akan menggunakan garis lurus atau lengkung, sudut yang tajam atau tumpul, hingga ke detail yang paling spesifik harus Anda perhatikan.

  • Perhatikan Relevansi

Usahakan agar logo Anda relevan dengan kondisi saat ini. Hal ini bisa diupayakan melalui pemilihan jenis font, kombinasi warna, dan penggunaan simbol-simbol di dalam desain. Logo yang relevan akan terlihat lebih kredibel dan menarik di mata masyarakat. Untuk profil perusahaan, Anda bisa mencari informasi di sympan blog tentang logo yang ideal untuk company profile.

Tetapi tips membuat logo pasti memperingatkan Anda untuk tidak terlalu trendy. Logo Anda harus bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Membuat desain logo yang terlalu kekinian akan sangat rentan karena mudah tergeser dengan tren-tren baru. Jadi buatlah logo yang relevan dan mampu bertahan untuk jangka waktu yang lebih panjang.

 

Buat Logo Profesional untuk Bisnis Anda

Itulah beberapa rahasia di balik logo-logo yang sukses Selain unsur estetika, Anda juga harus mempertimbangkan segi fungsional dari logo yang Anda buat. Tujuannya adalah untuk menghasilkan logo yang menarik sekaligus efektif untuk branding dan pemasaran. Terapkan 3 tips membuat logo di atas agar Anda mendapatkan logo yang unik, estetis, sekaligus efektif untuk memperkuat karakter bisnis Anda.

 

By shinta