Tak Hanya Dicetak! Ini Dia 4 Bentuk Company Profile Profile untuk Anda

Tak Hanya Dicetak! Ini Dia 4 Bentuk Company Profile Profile untuk Anda

Selama ini, banyak yang menganggap jika company profile perusahaan hanya bisa dicetak dalam bentuk brosur. Namun ternyata, ada 4 bentuk company profile yang bisa Anda pilih untuk dibuat dan digunakan.

Bentuk Company Profile

Ada 4 jenis company profile yang perlu Anda tahu, yaitu:

  • Company Profile Web

Sesuai dengan namanya, company profile ini dibuat di website perusahaan. Biasanya, yang menggunakan company profile ini adalah e-commerce, web application hingga web portal komunitas. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, perusahaan yang memiliki website juga menggunakan company profile web.

Mengapa? Tujuannya agar orang yang ingin tahu mengenai perusahaan tersebut bisa langsung mengecek di website. Jadi, perusahaan akan lebih mudah dikenali dan diketahui pangsa pasar.

  • Company Profile Cetak

Jenis company profile ini adalah yang paling banyak digunakan. Biasanya, company profile cetak digunakan sebagai alat presentasi dan pengenalan terutama saat di pameran.

Tak Hanya Dicetak! Ini Dia 4 Bentuk Company Profile Profile untuk Anda
Tak Hanya Dicetak! Ini Dia 4 Bentuk Company Profile Profile untuk Anda

Jenis company profile cetak membutuhkan penulisan, gambar,desain yang menarik. Anda juga harus melakukan penyusunan isi yang sistematis, singkat, padat dan jelas agar mudah dimengerti orang lain. Selain itu, bahan cetak juga harus diperhitungkan karena akan berpengaruh pada penilaian terhadap perusahaan.

  • Company Profile Video

Seiring berkembangnya zaman, company profile perusahaan ada yang berbentuk video.  Menggunakan kombinasi antara grafis, audio dan tulisan, membuat jenis company profile ini dianggap lebih menarik.

Umumnya, company profile uyan berbentuk video memiliki durasi waktu yang singkat dengan konsep yang matang. Jika Anda hendak menggunakan company profile ini, maka Anda perlu menyiapkan konsep yang benar-benar matang sehingga video bisa dibuat dengan baik.

Video yang dibuat tidak hanya bisa berbentuk live action, misalnya dari rekaman aktivitas perusahaan, tetapi bisa juga menggunakan animasi. Animasi baik 2D atau 3D ini bisa membantu untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih mudah. Misalnya mengenai pembangunan bangunan oleh perusahaan kontraktor.

Keunggulannya, Anda bisa menggunakan video ini untuk mendukung presentasi Anda dan menarik konsumen. Jadi, jika Anda hendak menggunakan company profile ini di pameran, maka Anda harus menyiapkan tempat dan alat agar video bisa ditampilkan.

  • Company Profile Interaktif

Jenis company profile ini termasuk jenis baru karena baru berkembang ketika teknologi seperti smartphone semakin diminati. Jenis company profile ini bisa digunakan langsung di device seperti smartphone.

Namun, untuk membuatnya, Anda tidak hanya dituntut untuk mengkombinasikan antara tulisan, audio dan grafik saja melainkan juga program. Dengan begitu, company profile tersebut bisa diinstal dan dioperasikan, misalnya penggunaan menunya, di device yang digunakan.

Itulah 4 jenis company profile perusahaan yang harus Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa membuat berbagai macam company profile sesuai dengan kebutuhan. Kunjungi juga tips menulis artikel SEO sebagai pendukung jika Anda hendak membuat artikel untuk optimasi website perusahaan Anda. 

By shinta