Sebelum Buat Sketsa Desain Interior, Perhatikan Dulu Hal Ini!

Sebelum Buat Sketsa Desain Interior, Perhatikan Dulu Hal Ini!

Membuat sketsa desain interior tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena hasilnya bisa tidak maksimal.

Untuk membuat sketsa desain interior, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

  • Proporsi dan Skala Bangunan

Anda membuat tata ruang suatu bangunan. Tanpa proporsi dan skala bangunan yang tepat, akan membuat interior Anda menjadi kacau.

Misalnya, Anda tidak mengukur ruangannya terlebih dahulu. Kemudian, Anda langsung membeli sofa dan hasilnya, sofa tersebut terlalu besar untuk ruangan tersebut. Alhasil, sofa tidak bisa diletakkan di tempat yang tepat.

Anda bisa bertanya kepada pemilik rumah bisa juga melihat sketsa bangunan yang dimiliki. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk membuat sketsa interior bangunan tersebut.

  • Keinginan Klien

Pastikan jika Anda mengetahui dengan pasti apa keinginan klien. Anda bisa mengkonfirmasi konsep apa yang ingin diaplikasikan di ruangan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa membuat desain interior yang sesuai dengan konsep.

Sebelum Buat Sketsa Desain Interior, Perhatikan Dulu Hal Ini!
Sebelum Buat Sketsa Desain Interior, Perhatikan Dulu Hal Ini!

Misalnya, dari bahan material yang digunakan, property, warna ruangan, aksesoris hingga pencahayaannya. Jadi, jangan ragu untuk mengkonfirmasi secara langsung ke klien Anda bahwa apa yang diinginkan sesuai dengan yang disampaikan.

  • Estimasi

Terkadang, ada yang butuh cepat sketsa interior karena alasan tertentu, Jadi, mau tidak mau, sebagai desainer interior  Anda tetap harus memperkirakan estimasi pembuatan sketsa dan aplikasinya. Aplikasi dalam hal ini bisa berkaitan dengan tukang hingga ketersediaan barangnya.

Jika waktunya mepet, maka mau tidak mau Anda harus merencanakan interior dengan bahan dan sumber daya yang ada. Dengan begitu, interior ruangan bisa segera mengaplikasikan desain di tata ruang bangunan.

  • Biaya

Tentu, ketika Anda membuat suatu desain interior, Anda butuh mempertimbangkan biaya. Biaya akan berpengaruh pada desain yang akan Anda buat.

Berpengaruh pada jasa? Bukan hanya pada jasa namun juga property yang akan digunakan.

Jika biaya terlalu kecil, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan properti yang low budget. Jadi, pertimbangkan budget terlebih dahulu sebelum merubah tata ruang.

  • Konfirmasi Klien

Jika Anda sudah membuat sketsa, maka Anda harus meminta persetujuan dari klien. Bisa jadi, sketsa yang Anda buat tersebut harus direvisi ulang sehingga Anda harus merubah atau mengganti semuanya.

Jangan lupa untuk menjelaskan dan memberikan warna di sketsa yang Anda buat untuk presentasi dan agar klien mengerti. Dengan begitu, klien akan lebih mendapatkan gambaran secara menyeluruh dibandingkan sketsa tanpa warna.

Pastikan juga bahwa Anda mudah dihubungi. Dengan begitu, klien akan puas dengan pelayanan Anda selaku desainer interior.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, Anda bisa mencoba membuat sketsa desain interior untuk klien Anda. Jangan lupa untuk kunjungi tips membuat logo terutama untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat logo. 

By shinta