Jenis Video Promosi Produk untuk Branding

Jenis Video Promosi Produk untuk Branding

Salah satu tujuan membuat video promosi produk adalah untuk branding agar lebih dikenal oleh pangsa pasar. Karena itu, dalam pembuatannya tidak bisa sembarangan. jika dilakukan tanpa adanya persiapan yang baik termasuk konsep dan jenis video yang disesuaikan dengan tujuan akan membuat Anda merugi. Tidak hanya rugi waktu, tenaga namun juga dana.

Karena hal tersebut, ada baiknya jika Anda tahu jenis video promosi produk seperti berikut ini sebagai referensi atau pilihan yang bisa Anda coba.

  • Video Tutorial

Video tutorial ini cocok untuk menjelaskan dan memperkenalkan mengenai produk tertentu, misalnya website untuk membuat flowchart. Penggunaan video yang informative ini akan membantu orang lain terutama yang belum pernah menggunakan produk Anda.

Untuk video tutorial, Anda harus membuatnya sesederhana dan seinformatif mungkin. Durasi yang diperlukan sekitar 1-2 menit saja. Jangan terlalu lama kecuali untuk produk tertentu seperti make up yang membutuhkan bukti dari pengaplikasian make up tersebut.

Video yang terlalu lama akan menyebabkan orang bosan. Jadi, sebisa mungkin, video tersebut haruslah on point, dan bisa mengedukasi.

  • Video Wawancara

Anda bisa membuat video promosi mengenai produk dengan cara melakukan wawancara terhadap orang yang ahli di bidang tersebut. Misalnya produk jam tangan. Orang yang anda wawancarai haruslah tahu tentang produk tersebut dan memberikan bukti agar orang yang melihat video tersebut menjadi tertarik.

Jenis Video Promosi Produk untuk Branding
Jenis Video Promosi Produk untuk Branding

Anda bisa melibatkan konsumen Anda misalnya dengan mengirimkan pertanyaan seputar dengan produk tersebut sehingga bisa ditanyakan ke narasumber. Orang yang diwawancarai biasanya adalah manajer atau yang bertanggung jawab terkait dengan produk tersebut. Dengan begitu, pertanyaan terkait dengan produk yang dipromosikan juga akan lebih jelas.

  • Video Animasi

Jenis video ini menjadi pilihan untuk branding agar produk semakin dikenal luas oleh masyarakat. Penggunaan animasi menjadi pilihan karena eye catching dari segi tampilan ataupun warna. Bahkan Anda bisa mengkombinasikan antara video Anda dengan efek animasi untuk menghasilkan video promosi yang lebih menarik.

  • Video Budaya

Jenis video ini masih jarang digunakan untuk promosi produk kecuali saat tertentu misalnya menjelang idul fitri. Salah satu alasannya adalah karena budaya itu sendiri. Jika salah, akan ada pihak yang tidak terima terkait dengan budaya yang diangkat dalam iklan tersebut.

Budaya yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya budaya wilayah misalnya suku Jawa, Batak, Sunda ataupun yang lainnya. Namun, bisa juga mengenai budaya sehari-hari seperti menghormati antar sesama lalu dikaitkan dengan produk yang Anda promosikan.

Tujuan dari video budaya yang digunakan untuk promosi produk adalah untuk melepaskan dari stereotip mengenai budaya tersebut atau mencoba menekankan lagi tentang budaya tersebut. Jadi, branding tersebut bisa diterima secara luas oleh masyarakat.

Dengan jenis video promosi produk tersebut, semoga bisa membantu Anda melakukan branding yang lebih baik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan isi video agar tujuan iklan Anda bisa terpenuhi. 

By shinta