Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Skripsi

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Skripsi

Daftar pustaka harus disusun dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku. Ada tata cara penulisan daftar pustaka yang harus Anda patuhi dengan baik. Penulisan daftar pustaka juga bisa berbeda-beda sesuai sumber yang digunakan. Berikut adalah cara menulis daftar pustaka yang benar dari sumber skripsi.

  1. Nama Penulis

Nama penulis dituliskan pertama kali dalam daftar pustaka. Sama seperti penulisan daftar pustaka untuk buku maupun jurnal, nama penulis dituliskan dengan urutan terbalik. Nama belakang ditulis lebih dahulu baru nama depannya dan dipisahkan memakai tanda koma.

  1. Tahun Penulisan

Tahun penulisan dituliskan setelah nama penulis. Tahun penulisan yang dimaksud di sini adalah tahun penulisan skripsi. Sama seperti aturan menulis daftar pustaka dari sumber buku dan jurnal, nama penulis dan tahun dipisahkan dengan tanda titik. Begitu juga dengan data-data berikutnya, dipisahkan memakai tanda titik.

  1. Judul Skripsi

Judul skripsi yang Anda pakai ditulis setelah tahun penulisan. Judul ditulis lengkap dan jelas sesuai dengan judul skripsi yang digunakan sebagai sumber. Jika ada subjudul maka harus dicantumkan juga pada daftar pustaka. Judul skripsi dicetak miring, sama seperti tata cara penulisan daftar pustaka dari sumber jurnal dan buku.

  1. Keterangan Skripsi

Ada bagian yang berbeda dari penulisan sumber buku dan jurnal. Setelah judul skripsi ditulis, perlu dituliskan keterangan ‘Skripsi’. Selain itu, perlu juga ditambahkan keterangan ‘Tidak Diterbitkan’. Keterangan ini digunakan untuk memberi informasi bahwa sumber tersebut berasal dari skripsi dan bukan karya tulis yang diterbitkan.

  1. Fakultas, Jurusan, dan Universitas

Data terakhir yang perlu dituliskan adalah nama fakultas, jurusan, dan universitas secara berurutan. Jangan lupa, di bagian akhir sertakan juga kota universitas. Semua dipisahkan dengan menggunakan tanda titik dan harus dituliskan lengkap (untuk nama fakultas bisa disingkat).

Itulah tata cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari skripsi. Pastikan Anda menulis data dengan benar dan jelas. Selain dari skripsi, Anda bisa menggunakan sumber lainnya untuk membantu penulisan karya ilmiah Anda. Sumber lain bisa didapat dari buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya.

By shinta