Alat Bantu Angkat Bernama Lever Block

Alat Bantu Angkat Bernama Lever Block

Lever block adalah suatu alat bantu Tarik manual dimana bentuk gearnya menyerupai ratchet dan bergerigi. Alat ini juga dikenal sebagai Ratchet Hoist, namun orang-orang banyak mengenalnya sebagai lever block.

Fungsi dasar dari lever block sendiri adalah alat bantu dalam proses instalasi peralatan tertentu yang membutuhkan mengangkat barang secara pelan, seperti merakit mesin, memasang pipa berukuran berat, hingga menurun dan menaikkan barang.

Sejarah Lever Block

Sejarahnya lever block sendiri bermula dikembangkan oleh Abraham Maasdam Deep Creek dari Colorado pada tahun 1919. Lever Block mulai dipasangkan pada 1946 dan setelah itu diproduksi oleh beberapa produsen. Di Indonesia sendiri, beberapa jenis lever block yang cukup terkenal yaitu Lever Block merk Toyo, Vital, hingga Powertec.

Kapasitas Lever Block

Lever Block merupakan alat yang mirip dengan chain block, dimana ukuran dimulai dari kapasitas kecil hingga kapasitas besar. Pada Ratchet hoist ini, terdapat beberapa kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu:

  1. Lever Block 0,75 Ton
  2. Lever Block 1 Ton
  3. Lever Block 1,6 Ton
  4. Lever Block 2 Ton
  5. Lever Block 3 Ton
  6. Lever Block 6 Ton
  7. Lever Block 9 Ton

Lever Block dapat ditempatkan di situasi yang beragam, dimana dapat menunjang berbagai macam pekerjaan ringan maupun pekerjaan yang membutuhkan daya angkut yang kuat atau lebih berat. Beberapa contoh penggunaannya diantaranya mengangkat mesin mobil, memang pipa besi, mengangkat besi hasil casting untuk diangkat kedalam pallet dan lain-lain.

Cara Penggunaan Lever Block

Lever Block bisa digunakan dalam 2 posisi, yaitu posisi Vertical dan posisi Horizontal. Posisi vertical artinya lever block bisa untuk menaik-turunkan beban. Namun pastikan bahwa Anda dapat menggunakan dan mengoperasikan lever block sesuai dengan kebutuhan.

Untuk posisi horizontal, pastikan bahwa beban yang ditarik tidak melebihi kapasitas karena berbahaya. Biasanya dalam posisi horizontal, lever block menggunakan alat tambahan seperti wire rope atau rantai besi hingga hook.

Karena penggunaan lever block yang variatif, pastikan bahwa Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim dilapangan atau para ahli untuk memberikan solusi terbaik untuk kegiatan Anda. Selain itu, perlu juga hitung faktor resiko agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Jika Anda mencari lever block yang terpercaya, pastikan bahwa Anda hanya mencari lever block di Mega Jaya. Mega Jaya sebagai distributor lever block Jakarta menawarkan beragam ukuran dan kapasitas lever block yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.