3 Tahap Leadership Dalam Dunia Kerja Yang Mesti Anda Ketahui

Kualitas karyawan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan menentukan kualitas bisnis yang dijalankan. Kualitas karyawan harus selalu dievaluasi untuk menganalisa apakah perlu ditingkatkan seiring dengan kebutuhan dalam setiap bidang pekerjaannya. 

Proses evaluasi biasanya diiringi dengan rencana pelatihan untuk menguatkan kembali sekaligus memberikan bekal untuk karyawan ke depannya. Harapannya, karyawan tidak hanya mahir mengerjakan tugasnya, tetapi lebih dapat memperbaiki cara kerja yang lebih efektif dan efisien.

Dengan memiliki karyawan yang mahir, kualitas tim yang bekerja pun akan semakin bagus. Tentunya, peningkatan kualitas tidak hanya pada kualitas teknis saja, tetapi perlu adanya peningkatan dari segi soft skill seperti kemampuan leadership. Dengan meningkatkan kemampuan leadership di berbagai level pekerjaan, kualitas setiap individu termasuk Anda sebagai seorang pemimpin di perusahaan akan semakin baik.

Leadership dalam dunia pekerjaan umumnya dibagi menjadi 3 tahap yaitu:

Leading Yourself

Pada setiap level pekerjaan, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan memimpin diri sendiri. Kemampuan dasar yang dibutuhkan pada memimpin diri sendiri yaitu bagaimana seorang karyawan dapat mengatur waktu dengan baik, mampu berempati, memiliki komunikasi yang baik dan memiliki kontrol diri yang baik terutama saat dihadapkan dengan tantangan.

Leading Team

Setelah memiliki kemampuan dasar pada kepemimpinan diri sendiri, seorang karyawan sudah memiliki modal untuk dapat memimpin tim yang beranggotakan karyawan lain. Kemampuan yang selanjutnya dibutuhkan pada tahap memimpin tim yaitu selain memiliki komunikasi yang baik, dapat mendelegasikan beberapa pekerjaan dengan anggota tim yang lain. 

Selain itu, pandangan terhadap suatu pekerjaan harus lebih luas lagi karena tidak hanya melihat satu proses yang dikerjakan saja, tetapi juga bagaimana proses yang dilakukan berkesinambung dengan proses pada masing-masing anggota tim.

Leading Business

Tahap selanjutnya pada kemampuan leadership yaitu kemampuan seseorang dalam memimpin bisnisnya. Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan sehingga mampu mengarahkan tim dengan baik. Komponen pada memimpin bisnis yaitu selain memiliki kemampuan komunikasi yang jauh lebih baik, juga mampu mengambil keputusan dengan cermat. 

Ketajaman dalam berpikir dan kemampuan memandang integrasi fungsi kerja dari masing-masing departemen, juga menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin bisnis. Sehingga dapat terlihat, bagaimana satu proses di divisi tertentu dapat berpengaruh pada divisi lainnya.

Pelatihan team building tidak hanya berfokus pada leadership saja. Banyak komponen yang dapat dikembangkan untuk memperoleh hasil pekerjaan yang maksimal. Coach Tom MC Ifle menyediakan berbagai course tentang leadership dan membangun high performance team yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kemampuan tim Anda. Coach Tom merupakan Master Coach #1 di Indonesia yang telah memberikan pelatihan untuk berbagai UKM, SMB dan perusahaan Multinasional. Anda dapat berkonsultasi secara langsung dan mengikuti pelatihan yang bersifat praktikal. Untuk mendaftar course Coach Tom, Anda dapat cek kelas pelatihan bisnis di sini!